Sunday, January 29, 2023
spot_img
HomeKesehatanPenyebab Asam Urat dan Gejalanya & Solusi Mengatasinya

Penyebab Asam Urat dan Gejalanya & Solusi Mengatasinya

Info Tips Sehat kali ini adalah membahas tentang Penyebab Asam Urat dan Gejalanya & Solusi MengatasinyaSudah tahu, belum? Kalau tingginya zat purin bukan satu-satunya penyebab asam urat, lho. Pun dengan gejala asam urat yang bukan hanya ditandai rasa nyeri pada jari kaki maupun tangan.

Ada beberapa kondisi yang perlu Anda ketahui mengani penyakit asam urat, baik penyebab, faktor risiko, maupun gejalanya. Dengan demikian, Anda bisa melakukan pencegahan atau memberikan penanganan sedini mungkin.

Penyebab Asam Urat, Obat Asam Urat Alami, osteviton
Obat Asam Urat Alami

Karena, seperti pepatah jaman dulu yang mengatakan bahwa “mencegah selalu lebih baik dari mengobati”. Saat Anda terlanjur terkena asam urat, maka pengobatan harus segera dilakukan untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Nah, kali ini kami sudah berhasil merangkum beberap penyebab dan gejala penyakit asam urat dari beberapa sumber kesehatan terpecaya. Berikut ulasannya.

Penyebab Asam Urat

Tingginya zat purin di dalam tubuh menjadi salah satu pemicu penyakit asam urat. Hal ini karena, Purine yang lolos dari filter ginjal akan menumpuk di persendian.

Penumpukan zat purin ini juga yang membuat beberapa bagian persendian mengalami pembengkakan. Bahkan, semakin lama tulang rawan dapat ikut terkikis.

Yang perlu Anda ketahui adalah, zat purin tidak hanya dihasilkan secara alami oleh tubuh, tapi juga bisa berasal dari sumbangan makanan yang Anda konsumsi.

Ada beberapa jenis makanan yang diketahui memiliki zat purin cukup tinggi yang beberapa diantaranya adalah:

  1. Daging merah
  2. Seafood
  3. Jeroan
  4. Melinjo
  5. Daging olahan

Selain faktor di atas, masih ada kondisi lain yang juga menjadi bagian dari penyebab asam urat. Kondisi tersebut diantaranya:

  1. Lagi menjalani pengobatan menggunakan obat-obatan jenis tertentu, misalnya aspirin, niacin, obat penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE inhibitor), obat penghambat beta (beta blocker), sislosporin, diuretik, dan obat-obatan kemoterapi. (sumber : alodokter.com)
  2. Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan
  3. Sering konsumsi makanan atau minuman manis (baik gula buatan maupun alami)
  4. Paparan timbal dalam tingkat tinggi
  5. Obesitas
  6. Memiliki kolesterol tinggi
  7. Faktor genetik atau keturunan
  8. Faktor usia dan gender. Pada sebagian besar kasus,  asam urat lebih banyak terjadi pada pria dan orang dengan usia 40-50 tahun
  9. Memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes dan gangguan fungsi ginjal.
See also  15 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami

Nah, jika makanan yang mengandung purin tinggi termasuk favorit Anda, maka Anda bisa mengurangi porsinya, atau bahkan menghindarinya sebagai langkah antisipasi untuk mencegah asam urat.

Gejala Asam Urat

Selain penyebabnya, Anda juga perlu mengenali gejalanya. Ada beberapa kondisi yang menjadi ciri seseorang terkena asam urat. Dan, rasa nyeri atau ngilu disertai pembengkakan pada sendi adalah salah satunya.

Tahu gejalanya akan memudahkan Anda mendapatkan pengobatan lebih cepat. Sehingga, kondisi yang lebih parah bisa dicegah.

Hal ini karena, asam urat termasuk penyakit sendi yang tidak bisa diabakan, ada beberapa bahaya asam urat yang mengintai jika tidak segera diobati. Salah satunya adalah kerusakan pada sendi.

Nah, di bawah ini adalah beberapa gejala penyakit asam urat yang harus Anda waspadai kehadirannya. Seperti:

  1. Rasa sakit atau nyeri pada persendian
  2. Sendi yang sakit juga bisa mengalami pembengkakan dan berwarna merah
  3. Sendi juga mengalami pegal-pegal yang hilang timbul
  4. Kesemutan dan kebas juga terjadi pada beberapa sendi
  5. Kekauan sendi
  6. Persendian Anda juga terasa panas
  7. Sendi-sendi mengeras dan sulit digerakan
  8. Terjadi perubahan bentuk pada jari-jari tangan maupun kaki hasil manifestasi dari tingginya kadar asam urat, seperti pada gambar di bawah

Nah, itulah beberapa gejala asam urat yang ahrus Anda waspadai. Asam urat ini bisa menyerang semua bagian sendi, bahkan bisa merusak tulang jika tidak segera di obati. Kendati demikian, sendi yang paling terserang asam urat diantaranya:

  • Sendi jempol kaki
  • Pergelangan kaki
  • Telapak kaki tengah
  • Lutut
  • Pergelangan tangan
  • Jari-jari tangan, dan
  • Siku.

Jika Anda mendapati salah satu saja dari gejala asam urat di atas, jangan segan untuk segera mendatangi dokter atau rumah sakit guna melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

See also  √ 3 Cara Ampuh Berhenti Merokok

Karena, ketika asam urat telah memasuki kondisi yang lebih parah, bukan hanya sakit yang akan Anda rasakan pada persendian. Tapi, pergerakan Anda juga menjadi terbatas.

Solusi Mengatasinya:

Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan OSTEVITON yang telah terbukti secara nyata khasiat dan manfaatnya dalam mengobati penyakit asam urat sampai sembuh.

Khasiat lebih lengkap dan juga testimoni kesembuhannya bisa Anda lihat di : Obat Asam Urat Alami.

Terima kasih sudah menyimak iformasi penyebab asam urat dan gejalanya di atas. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda terhindar dari kondisi yang lebih parah.

Carlahttps://www.infotipssehat.com
Maju Untuk Mensehatkan Indonesa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

- Advertisment -spot_img

Trending Post

Kelebihan dari susu Kedelai

Kelebihan dari susu Kedelai?

0
Susu kedelai merupakan minuman yang terbuat dari bahan dasar kedelai yang telah diolah. Susu kedelai memiliki beberapa kelebihan, di antaranya: Beriku ini Kelebihan dari susu...
Obat alternatif untuk mata

Obat Alternatif untuk Mata

0
Terkadang, orang mencari obat alternatif untuk masalah mata karena mereka tidak ingin mengonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter atau karena merasa tidak yakin dengan...
Manfaat Tebu Untuk Penyakit Infeksi Lambung

Manfaat Tebu Untuk Penyakit Infeksi Lambung

0
Info Tips Sehat.Com | Manfaat Tebu Untuk Penyakit Infeksi Lambung - Tebu adalah tanaman yang ditanam untuk bahan baku gula dan vetsin. Tanaman ini...
Manfaat Jamu Beras Kencur

Nikmati Manfaat Jamu Beras Kencur dengan Resep Sederhana Ini

0
Jamu adalah minuman tradisional yang lekat dengan kehidupan kita. Banyak orang percaya dengan manfaat jamu bagi kesehatan. Ini karena jamu terbuat dari bahan-bahan alami...
Manfaat Susu Almond

7 Manfaat Susu Almond, Salah Satu Pengganti Susu Sapi Terbaik

0
Susu almond adalah salah satu alternatif dari susu sapi yang paling populer. Rasanya ringan sehingga banyak orang merasa ini lebih enak daripada susu-susu nabati...

Must Read

Tanda-Tanda Sirkulasi Darah Tidak Lancar

0
Tanda-Tanda Sirkulasi Darah Tidak Lancar – Sirkulasi darah tidak lancar sangat umum terjadi, terutama di musim panas. Kondisi ini paling banyak dialami oleh orang...