Monday, March 20, 2023
spot_img
HomeKesehatanManfaat Gula Aren Untuk Kesehatan

Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan

- Advertisement -spot_img

Info Tips Sehat.ComManfaat Gula Aren Untuk Kesehatan – Sebagai masyarakat Indonesia, pasti sudah mengenal dengan apa yang namanya gula aren. Gula aren merupakan salah satu jenis gula alami yang diproduksi dan dibuat dengan menggunakan bahan alami dari buah aren. Berbeda dengan gula putih biasa yang dibuat dari batang tebu, gula aren memiliki warna merah dan memiliki tekstur yang lebih kasar serta tidak berbentuk Kristal seperti gula tebu. Maka dari itu, gula aren lebih sering kita kenal dengan nama gula merah.

Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan

Gula aren atau Gula merah adalah pemanis yang dibuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Gula arena biasanya juga diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan.

Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan
Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan

Kandungan Gula Aren

Dalam gula aren terkandung beberapa unsur makro dan mikronutrien, diperkirakan, kandungan keduanya dalam gula aren lebih tinggi dibandigkan gula putih.

Beberapa kandungan mikronutrien dalam gula aren antara lain : Thiamine (vitamin B1), Riboflavin (vitamin B2), Nicotinic Acid (vitamin B3), Pyridoksin (vitamin B6), Cyanocobalamin (vitamin B12), Ascorbic Acid (Vitamin C), dan Garam mineral.

Inilah Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan

  • Sumber Antioksidan
  • Menghangatkan Tubuh
  • Baik untuk Diet
  • Mengobati Sariawan
  • Meningkatkan Sistem Pencernaan
  • Melancarkan Sirkulasi Darah
  • Mengobati dan Mencegah Penyakit Anemia
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  • Menstabilkan Kadar Kolesterol Di Dalam Darah
  • Dapat Dijadikan Sebagai Campuran Ramuan Obat

Siapa sangka bahwa di dalam gula yang biasanya disepelehkan oleh banyak orang ini, ternyata mempunyai banyak manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Terlebih lagi, di pasaran jenis gula ini dibanderol dengan harga yang murah per gramnya sehingga tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan semua manfaat tersebut.

See also  Tanda-Tanda Sirkulasi Darah Tidak Lancar

Di supplier gula merah selain ada gula semut, pasti ada gula aren. Gula aren terbuat dari nira pohon aren. Warnanya lebih cerah dibandingkan gula jawa dari pohon kelapa. Cara membuatnya, anda tuangkan nira kedalam panci dengan disaring dengan menggunakan kasa kawat. Pada saat menuangkan, keadaan panci sudah panas dan berada di atas api. Proses pemanasan biasanya berlangsung selama 1-3 jam. Ini juga tergantung dengan jumlah nira yang dimasak. Pada saat memasak nira, jangan lupa untuk selalu diaduk sampai nira benar-benar mendidih.

Pada saat nira mendidih, ada buih-buih atau gelembung diatasnya. Buang buih tersebut agar warna gula aren tidak terlalu pekat, bisa lebih tahan lama dan lebih kering. Proses pemanasan selesai ketika nira sudah kental dan mempunyai volume sekitar 8%. Setiap pembuat supliere gula merah biasanya memiliki standar kepekatan gula yang berbeda-beda. Ketika nira sudah pekat, proses pengadukan harus lebih cepat. Jika masih muncul kotoran dan buih segeralah dibuang. Jika sudah benar-benar matang. Tuangkan gula kedalam cetakan yang sudah anda siapkan. Sebelumnya bersihkan cetakan kayu terlebih dahulu.

Cuci cetakan dengan menggunakan air kapur dan rendam dengan air bersih. Supaya gula aren akan lebih mudah dilepas. Untuk cetakanya, anda bisa menggunakan cetakan kayu atau cetakan bambu, tinggal sesuaikan dengan keinginan anda saja. Pilihlah nira yang berkualitas supaya hasilnya bagus. Setelah nira diambil dari pohonnya harus langsung di masak, supaya tidak asam. Jika anda malas untuk membuatnya, bisa membeli di supplier gula merah. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Dampak Negatif Konsumsi Gula Aren Secara Berlebihan

Meskipun telah kita ketahui segudang manfaat yang ditawarkan dari mengkonsumsi Kopi, akan tetapi perlu anda tahu bahwa mengkonsumsi Kopi dalam jumlah yang berlebihan akan membawa berbagai macam efek samping yang justru dapat merugikan kesehatan kita. Jadi, mengkonsumsi Kopi dalam jumlah yang sewajarnya adalah sangat disarankan oleh para ahli gizi.

See also  Cara Menyembuhkan Mata Bengkak Dengan Aman Dan Cepat

demikianlah artikel tentang Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan semoga bermanfaat.
Jangan lupa like dan Share artikel ini ,semoga bermanfaat.

- Advertisement -
Carlahttps://www.infotipssehat.com
Maju Untuk Mensehatkan Indonesa!
- Advertisement -spot_img

Blogrool

Stay Connected

16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel sangat Bagus, terimakasihManfaat Gula Aren Untuk Kesehatan