Sunday, June 26, 2022
spot_img
HomeBeauty TipsManfaat Daun Binahong untuk Wajah, dari Obati Jerawat Hingga Anti-Aging

Manfaat Daun Binahong untuk Wajah, dari Obati Jerawat Hingga Anti-Aging

- Advertisement -spot_img

Anda kemungkinan akan sering menemukan binahong merambat di area pekarangan rumah, tapi lebih seringnya tumbuh secara liar. Tumbuhan yang mudah didapat ini punya banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Bagi Anda yang ingin tampil dengan kulit wajah lebih indah, Anda bisa memanfaatkan daun binahong.

Daun dari tanaman yang bernama latin Anredera cordifolia ini mengandung kalsium, vitamin C, vitamin A, dan zat besi. Tidak hanya itu, tanaman ini juga memiliki kalium, lutein, fosfor, dan beta karotein yang berperan penting dalam menunjang kesehatan.

Tanaman ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu penampilan Anda secara alami, yang tentunya aman digunakan secara rutin. Penasaran dengan manfaat daun binahong untuk wajah? Berikut rangkumannya.

Manfaat Daun Binahong untuk Wajah: Sebagai Anti-Penuaan

Penelitian telah dilakukan untuk menyelidiki manfaat daun binahong sebagai anti-penuaan (anti-aging). Penelitian tersebut diterbitkan dalam Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research tahun 2018.

Hasilnya menunjukkan bahwa sediaan mikroemulsi ektrak daun binahong bersifat homogen, memiliki viskositas rendah, pH 6,0 – 7,0, densitas 1.049–1.0753 g/ml, tegangan permukaan 35.24–38.00 dyne/cm, ukuran partikel 364.68–632.72 nm, stabil selama penyimpanan 12 minggu dan tidak mengiritasi kulit.

Hasil pengukuran efek anti-aging menunjukkan bahwa mikroemulsi ekstrak daun binahong 0,5% memberikan hasil yang terbaik. Sehingga para peneliti menyimpulkan bahwa serbuk kering daun binahong memenuhi syarat untuk diformulasikan sebagai bahan anti-aging.

Manfaat Daun Binahong untuk Wajah: Sebagai Tabir Surya

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Ad-Dawaa Journal of Pharmaceutical Sciences tahun 2019 memeriksa efek tabir surya dari ekstrak daun binahong. Pengujian efek tabir surya dilakukan dengan menghitung nilai transmisi eritema (%Te), transmisi pigmentasi (%Tp), dan nilai SPF. Daun binahong diekstraksi dengan metode maserasi menggunakan pelarut etanol 96%.

See also  Manfaat Dari Buah Leci Bagi Kesehatan Tubuh

Pengujian efek berdasarkan serapan dan transmisi pada panjang gelombang UV yang diukur dengan spektrofotometer. Hasil pengujian nilai rata-rata persen transmisi eritema (%Te) pada konsentrasi (300 ppm, 350 ppm, 400 ppm, dan 450 ppm) berturut – turut adalah 31,52%; 23,90%; 20,27%; 14,71%. Sedangkan perhitungan nilai rata-rata persen transmisi pigmentasi (%Tp) yang diperoleh berturut-turut adalah 20,95%; 15,9%; 11,98%; 8,26%. Nilai rata-rata SPF berturut-turut adalah 4,36; 5,82; 7,44; 10,45.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa ekstrak daun binahong memang memiliki efek sebagai tabir surya pada konsentrasi 450 ppm, yang termasuk eritema fast tanning dan pigmentasi totalblock, serta SPF dengan proteksi maksimal.

Manfaat Daun Binahong untuk Wajah: Sebagai Obat Jerawat

Penelitian yang diterbitkan dalam Medical Journal of Lampung University tahun 2016 meneliti manfaat daun binahong untuk mengatasi jerawat (acne vulgaris). Penelitian menunjukkan bahwa daun binahong mengandung alkaloid, flavonoid total sebesar 11,263 mg/kg (segar) dan 7,81 mg/kg (kering). Flavonoid yang terkandung dalam ekstrak kering dan segar termasuk golongan flavonol.

Ekstrak etanol daun binahong memiliki antioksidan total sebesar 4,25 mmol/100g (segar) dan 3,68 mmol/100g (kering). Kandungan ini membuat fungsi permebilitas bakteri penyebab jerawat terganggu dan akhirnya sel bakteri menjadi kehilangan aktivitas biologisnya. Sehingga, daun binahong dapat digunakan sebagai salah satu terapi jerawat karena mengandung antioksidan dan flavonoid.

Manfaat Daun Binahong untuk Wajah: Sebagai Obat Luka

Daun binahong dapat membantu memulihkan luka. Bahkan daun ini dapat membantu pengobatan luka pada penderita diabetes, yang seringnya lebih susah sembuh. Penelitian yang diterbitkan Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia menyelidiki manfaat daun binahong untuk mengobati luka diabetes.

Daun binahong diekstraksi menggunakan etanol 96% dengan metode maserasi. Kemudian  ekstrak diformulasikan menjadi sediaan gel dengan konsentrasi 10% dan 30%. Gel tersebut diujikan pada luka dari hewan percobaan yang memiliki diabetes. Hasilnya menunjukkan bahwa gel daun binahong 10% dan 30% terbukti efektif digunakan dalam memulihkan luka diabetes.

See also  Penyebab Telinga Berdenging Dan Cara Mengatasinya
Manfaat Daun Binahong untuk Wajah
Credit: kariphoto/Shutterstock

Cara Mengolah Daun Binahong untuk Masker Wajah

Guna memperoleh manfaat daun binahong untuk wajah, Anda bisa mengolahnya menjadi masker wajah dengan langkah-langkah sederhana berikut.

  • Siapkan 7 lembar daun binahong lalu cuci bersih dengan air mengalir
  • Tumbuk daun binahong sampai halus.
  • Hasil tumbukannya dioleskan ke wajah secara merata.
  • Gunakan masker wajah daun binahong 2 kali seminggu.

Pengingat: Sebelum mengoleskan masker daun binahong ke wajah, sebaiknya cuci muka terlebih dulu dengan air hangat supaya pori-pori kulit wajah lebih terbuka dan masker bisa lebih meresap masuk.

Adakah Efek Samping Daun Binahong untuk Wajah?

Sejauh ini belum ada efek samping serius yang diketahui dari penggunaan daun binahong untuk wajah. Bila Anda tidak punya reaksi alergi terhadap daun ini, kemungkinan Anda akan aman dalam menggunakannya. Namun jika Anda alergi terhadapnya, menggunakannya justru bisa memperparah kondisi kulit wajah. Orang yang punya kulit sensitif juga dapat mengalami iritasi akibat penggunaannya.

Karena itu Anda sebaiknya berhati-hati sebelum mencoba merawat kulit wajah dengan daun binahong. Pastikan untuk melakukan uji reaksi kulit dulu dengan mencoba mengoleskan masker daun binahong ke kulit belakang telinga. Jika dalam 5 menit tidak ada reaksi gatal, kemerahan, atau reaksi negatif lain, artinya Anda cukup aman untuk memakai masker alami ini.

Daun binahong kaya akan kandungan antioksidan, seperti saponin, flavonoid, dan tanin. Karena itu daun binahong punya manfaat sebagai anti-aging, anti-bakteri, dan juga penyembuh luka.

Bila diterapkan pada wajah daun ini dapat bermanfaat dalam mengecilkan pori-pori yang melebar, meningkatkan regenerasi sel kulit, membantu kulit lebih awet muda, mengatasi jerawat, dan mempercepat penyembuhan luka. Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai keefektifan manfaat daun binahong untuk wajah.

See also  Menghilangkan Mata Panda Tanpa Obat-Obatan

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang manfaat daun binahong untuk wajah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dan keluarga.

Sumber

Nazliniwaty, Suryanto, & Damanik, D. D. (2018). THE UTILIZATION OF BINAHONG (ANREDERA CORDIFOLIA (TEN.) STEENIS) LEAF AS AN ANTI-AGING. Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research, 11(13), 87–89. DOI: https://doi.org/10.22159/ajpcr.2018.v11s1.26575

Tahar, Nurshalati, et al. “Efek Tabir Surya Ekstrak Daun Binahong (Anredera Cordifolia).” Ad-Dawaa Journal of Pharmaceutical Sciences, vol. 2, no. 1, 18 Jun. 2019, DOI: https://dx.doi.org/10.24252/djps.v2i1.6569

Tryda Meutia Anwar & Tri Umiana Soleha. (2016). Manfaat Daun Binahong (Anredera cordifolia) sebagai terapi Acne Vulgaris. Medical Journal of Lampung University, 5(4), 179-183. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/906

Kintoko, Kintoko & Desmayanti, Astri. (2009). The effectivity of ethanolic extract of binahong leaves (anredera cordifolia (tenore) steen) gel in the management of diabetic wound healing in aloxan-induced rat models. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia. 7. 227-236. DOI: https://doi.org/10.20885/JKKI.Vol7.Iss5.art9

Source link

- Advertisement -
Carlahttps://www.infotipssehat.com
Maju Untuk Mensehatkan Indonesa!
- Advertisement -spot_img

Blogrool

Stay Connected

16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here