Sunday, January 29, 2023
spot_img
HomeKesehatanDampak Kurang Minum Air Putih

Dampak Kurang Minum Air Putih

- Advertisement -spot_img

Info Tips Sehat.Com \\ Dampak Kurang Minum Air Putih – Ada banyak sekali dampak kurang minum air putih yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahkan, kurang minum bisa memicu beberapa jenis penyakit berbahaya.

Maka dari itu, sudah seharunya kita selalu memenuhi kebutuhan tubuh akan air. Setidaknya kita harus minum air putih sebanyak 7-8 gelas sehari. Kendati demikian, setiap orang membutuhkan asupan air yang berbeda-beda. Jadi, tidak mutlak harus 7-8 gelas sehari.

Dampak Kurang Minum Air Putih

Dehidrasi adalah kondisi paling umum yang terjadi saat tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi bukanlah kondisi sembarangan dan harus segera mendapatkan penanganan. Pasalnya, dehidrasa yang berlangsung dalam waktu lama dan parah bisa menyebabkan syok, koma, dan juga kematian.

Anda bisa mengenali tubuh yang kekurangan cairan dari tanda-tanda berikut ini:

  1. Air kencing berwarna agak kekuningan. Kalau tubuh cukup cairan, air kencing biasanya bening atau tidak berwarna
  2. Bau urine juga bisa sedikit lebih menyengat
  3. Jumlah urine atau air kencing sedikit
  4. Kulit dan mata kering
  5. Kelelahan

Demi tubuh yang sehat, Anda sebaiknya jangan malas minum air putih. Minum air putih lebih sehat ketimbang minuman berwarna dan soda yang tinggi kadar gulanya.

Di bawah ini informasi lain dampak kurang minum air putih untuk kesehatan yang meliputi:

1. Gangguan pencernaan

Sembelit adalah salah satu kondisi yang bisa Anda alami akibat kekurangan minum. Pasalnya, air yang Anda minum dapat membantu usus besar dalam mencerna makanan yang Anda konsumsi dan membentuk tinja.

Pernyataan Ohio State University Wexner Medical Center seperti dikutip dari cnnIndonesia : Kurang minum air putih merupakan penyebab paling umum terjadinya sembelit atau konstipasi di samping kekurangan serat.

See also  Panduan Makanan Sehat Untuk Diet Vegetarian

2. Mengganggu sistem kekebalan tubuh

Tahukah Anda jika salah dampak kurang minum air putih dapat mempengaruhi sistem kekebalan atau imun tubuh yang bertugas menghalau berbagai penyakit? Maka dari itu, tidak heran saat Anda kurang minum, tubuh Anda jadi mudah sakit.

Hal ini karena, saat tubuh Anda kekurangan asupan cairan, urine juga menjadi sedikit. Dan, kondisi tersebut dapat menyebabkan terbangunnya limbah pada tubuh dan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi terganggu.

3. Gangguan pernapasan

Kurangnya konsumsi air putih dapat berpengaruh terhadap sistem pernapasan Anda, lho. Kok bisa? Bisa dong. Pasalnya, untuk menjaga jaringan dalam keadaan lembab dan kenyal serta mencegah partikel asing keluar dari paru-paru, seluruh saluran pernapasan bergantung pada lendir.

Nah, produksi lendir akan terhambat apabila Anda kurang minum. Efeknya, sistem pernapasan Anda akan terganggu dan kemampuannya dalam menangkis alergen seperti debu, serbuk sari, dan lainnya juga akan menurun.

Selain kondisi di atas, kurang minum air putih juga bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan ginjal yang memiliki fungsi paling vital untuk tubuh, termasuk salah satunya untuk mengontrol kadar air dalam tubuh dan memisahkan limbah dari darah.

Berikut Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Ginjal

Dalam menjalankan tugasnya, ginjal membutuhkan air yang cukup. Jika tubuh Anda kekurangan cairan, akan sulit untuk ginjal menjalankan fungsinya dengan baik.

Salah satu fungsi ginjal ini, kan, untuk menyaring limbah, baik itu racun maupun zat berbahaya lainnya untuk kemudian dibuang bersama dengan urine. Nah, dalam prosesnya ginjal membutuhkan air yang cukup. Jika tidak, ginjal akan bekerja lebih keras dan berpotensi mengalami kerusakan.

Selain gangguan fungsi ginjal, beberapa penyakit ginjal lainnya juga dapat dipicu oleh kebiasaan buruk kurang minum. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Batu ginjal
  2. Infeksi ginjal
  3. Gagal ginjal
See also  8 Khasiat Daun Kelor yang Mudah Diperoleh

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh Lainnya

Masih banyak, lho, efek buruk kekurangan cairan bagi kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh selain gangguan kesehatan seperti di atas. Dampak kurang minum air putih lainnya meliputi:

  1. Kram otot
  2. Migrain atau sakit kepala sebelah
  3. Tekanan darah tinggi
  4. Nyeri pada persendian
  5. Mulut kering
  6. Kulit kusam
  7. Mengalami halusinasi
  8. Kurang konsentrasi
  9. Mudah mengantuk meskipun sudah tidur dengan cukup
  10. Nyeri ketika buang air kecil

Selain itu, kekurangan cairan atau dehidrasi juga dapat mempengaruhi berat badan Anda. Pasalnya, beberapa orang sulit membedakan sinyal tubuh yang membutuhkan air dengan rasa lapar. Maka dari itu, beberapa orang tersebut akan makan, padahal tubuh mereka sebenarnya menuntut cairan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu apa saja dampak kurang minum air putih untuk kesehatan tubuh dan ginjal Anda. Apakah Anda masih mau malas minum? Saya harap tidak, ya 🙂

Terima kasih sudah menyimak informasi di atas. Semoga, bisa bermanfaat untuk Anda semua. Jangan lupa bantu di share, ya!

- Advertisement -
Carlahttps://www.infotipssehat.com
Maju Untuk Mensehatkan Indonesa!
- Advertisement -spot_img

Blogrool

Stay Connected

16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here