Sunday, January 29, 2023
spot_img
HomeKesehatanApakah Melamin Aman? Piring Cantik, atau Plastik Berbahaya?

Apakah Melamin Aman? Piring Cantik, atau Plastik Berbahaya?

- Advertisement -spot_img

info tips sehat.comApakah Melamin Aman? Piring Cantik, atau Plastik Berbahaya?Anda bekerja keras untuk memastikan bahwa makanan Anda aman dan sehat. Kemudian saat Anda menyajikannya, Anda mengambil dari lemari Anda seperangkat piring melamin yang indah yang menyerupai keramik halus. Sudahkah Anda mempertimbangkan seberapa aman mereka? Teruslah membaca untuk menggali lebih dalam.

Apakah Melamin Aman?

Apa itu Melamin?

Melamin adalah senyawa sintetis murah yang bila dikombinasikan dengan formaldehida menjadi resin melamin. Resin formaldehida melamin ini digunakan dalam pembuatan peralatan makan melamin, peralatan makan plastik keras.

Melamin telah menjadi bahan yang dikenal sejak lama! Pada tahun 1834, seorang ilmuwan Jerman bernama Justus von Liebig secara tidak sengaja mensintesis melamin di laboratorium; Namun, baru pada akhir 1940-an bahan murah ini digunakan untuk membuat barang-barang melamin seperti peralatan makan melamin.Bahkan baru-baru ini, kekhawatiran telah muncul tentang keamanannya sebagai service-ware.

Apakah Peralatan Makan Melamin Aman, dan Bisakah Ditelan dari Makanan?

Studi menunjukkan bahwa melamin, bersama dengan asam sianurat (zat antara yang diproduksi selama pembuatannya), ditemukan mencemari makanan – terutama saat dipanaskan. Juga ditemukan bahwa makanan yang sangat asam – seperti jus jeruk atau produk berbasis tomat – cenderung memiliki tingkat migrasi melamin yang lebih tinggi dari piring melamin atau mangkuk melamin.

Saat ini, ada kebutuhan untuk penelitian lebih lanjut untuk menyusun penilaian keamanan dan risiko yang lengkap & menyeluruh dari efek melamin pada kesehatan manusia akibat paparan melamin kronis. Namun, ada banyak penelitian dan insiden awal yang menunjukkan produk melamin beracun. Misalnya, penelitian telah menemukan bahwa dalam konsentrasi tinggi,kontaminasi melamin dapat menempatkan orang pada risiko batu ginjal, gagal ginjal, dan bahkan kematian. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dapat membentuk batu ginjal, bahkan dengan tingkat paparan melamin di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) .

See also  Manfaat Dari Buah Leci Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut adalah contoh yang sangat nyata dan tragis dari keracunan melamin yang menyebabkan efek berbahaya: Pada tahun 2008, lebih dari 300.000 bayi jatuh sakit, dan enam bayi meninggal karena susu formula yang tercemar melamin di China!

Seperti bahan kimia beracun lainnya, pencucian melamin meningkat pesat saat dipanaskan, sehingga FDA telah memperingatkan agar tidak menggunakan piring melamin untuk menyajikan makanan panas atau memanaskan kembali makanan, dan menyarankan untuk mencari alternatif yang lebih aman untuk microwave.

Penelitian lebih lanjut telah menunjukkan bahwa konsumsi bahan-bahan ini dapat menyebabkan spektrum yang luas dari masalah kesehatan pada hewan juga. Pada tahun 2007, keracunan melamin dari makanan hewan komersial menyebabkan banyak anjing dan kucing mati karena gagal ginjal!

Peralatan makan melamin juga berdampak negatif terhadap lingkungan. Departemen Lingkungan dan Perubahan Iklim dari Pemerintah Kanada melaporkan bahwa barang-barang yang terbuat dari melamin tidak dapat terurai secara hayati. Studi lain mengaitkan paparan melamin lingkungan dengan fungsi ginjal yang memburuk pada pasien penyakit ginjal kronis stadium awal!

Oleh karena itu, aman untuk menyimpulkan bahwa melamin tidak aman tidak hanya untuk manusia, tetapi juga untuk hewan peliharaan dan lingkungan. FDA saat ini berpikir bahwa asupan melamin harian 0,063 miligram per kilogram berat badan dapat diterima dan aman. Namun, apakah Anda benar-benar menginginkan sesuatu yang begitu beracun dalam tubuh Anda dalam jumlah berapa pun ?

Mengapa All-Natural Clay Kebalikan dari Piring Melamin (Non-Reaktif & Lebih Aman)

Piring saji MEC, terbuat dari tanah liat alami , adalah alternatif yang sehat dan aman untuk peralatan makan melamin. Miriam’s Earthen Cookware (MEC) adalah perusahaan Amerika yang membuat semua produk mereka (peralatan masak, peralatan panggang, dan peralatan makan) dari tanah liat primer yang telah teruji di laboratorium, yang merupakan bentuk paling murni dari tanah liat alami. Tidak ada yang ditambahkan atau dihilangkan dari bahan 100% tidak beracun ini pada setiap tahap produksi.

See also  Manfaat Yang Terkandung Dalam Kurma Bagi Kesehatan

Berbeda dengan toksisitas yang ditemukan dalam peralatan melamin, produk MEC tidak mengandung bahan yang merugikan individu atau lingkungan saat diproduksi & digunakan. Tanpa pewarna atau pelapis buatan di MEC, tidak ada risiko pencucian saat menyajikan makanan,bahkan jika itu adalah sup mie panas atau makanan asam seperti jus jeruk dingin.

Tidak seperti plastik melamin yang bertahan tanpa batas waktu setelah dibuang, tanah liat alami MEC sepenuhnya dapat dikomposkan dan kembali ke bumi yang sama dari mana asalnya, memperkayanya dengan zat gizi mikro.

Mencari peralatan makan cantik bebas melamin untuk menyajikan makanan sehat dan aman untuk keluarga Anda? Kunjungi toko online MEC dan pesan satu set cangkir dan mangkuk yang 100% aman dan tidak beracun hari ini!Mencari peralatan makan cantik bebas melamin untuk menyajikan makanan sehat dan aman untuk keluarga Anda? Kunjungi toko online MEC dan pesan satu set cangkir dan mangkuk yang 100% aman dan tidak beracun hari ini!Mencari peralatan makan cantik bebas melamin untuk menyajikan makanan sehat dan aman untuk keluarga Anda? Kunjungi toko online MEC dan pesan satu set cangkir dan mangkuk yang 100% aman dan tidak beracun hari ini!

Orang Juga Bertanya

Apakah melamin lebih baik dari plastik?
Piring melamin relatif lebih keras dan lebih tahan lama daripada produk plastik standar. Namun, dalam hal keamanan kesehatan, penelitian telah menunjukkan bukti risiko kesehatan akibat konsumsi melamin pada manusia dan hewan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari barang-barang yang mengandung bahan kimia berbahaya termasuk melamin yang dapat melarutkan dan mencemari makanan.

Penutup

Demikian lah penjelasan Apakah Melamin Aman? Piring Cantik, atau Plastik Berbahaya? semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita.

See also  Menghilangkan Mata Panda Tanpa Obat-Obatan
- Advertisement -
Carlahttps://www.infotipssehat.com
Maju Untuk Mensehatkan Indonesa!
- Advertisement -spot_img

Blogrool

Stay Connected

16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here