Sunday, January 29, 2023
spot_img
HomeKesehatanApakah Lensa Kontak berpotensi Memiliki Risiko Kesehatan?

Apakah Lensa Kontak berpotensi Memiliki Risiko Kesehatan?

- Advertisement -spot_img

Info tips Sehat.Com , Apakah Lensa Kontak berpotensi Memiliki Risiko Kesehatan?Banyak orang memilih untuk memakai lensa kontak untuk alasan kosmetik sementara yang lain memilih untuk memakainya karena alasan kenyamanan. Apa pun motifnya, lensa kontak memiliki serangkaian risiko kesehatan yang unik. Sebelum Anda memilih untuk memakai lensa kontak, pastikan Anda benar-benar sadar akan risiko kesehatan yang menyertainya.

Apakah Lensa Kontak berpotensi Memiliki Risiko Kesehatan?
Apakah Lensa Kontak berpotensi Memiliki Risiko Kesehatan?

Sementara beberapa risiko kecil, yang lain cukup parah. Mereka bahkan bisa menyebabkan kebutaan. Kenali risikonya dan cari tahu tentang beberapa alternatif alami untuk lensa kontak.

Risiko Kesehatan dari Memakai Lensa Kontak

Mengenakan lensa kontak menempatkan Anda pada risiko mengembangkan beberapa kondisi mata yang berbeda. Salah satu alasan hal ini bisa terjadi adalah karena semua lensa kontak mengurangi jumlah oksigen yang mencapai kornea Anda. Hal ini dapat menyebabkan berbagai jenis infeksi.

Salah satu risiko terbesar bagi pemakai kontak adalah mengembangkan ulkus kornea. Ulkus kornea adalah luka terbuka pada penutup mata. Risiko lain termasuk goresan/goresan pada kornea, perubahan bentuk kornea, pembengkakan dan infeksi pada kornea.

Selain masalah dengan kornea, risiko umum lainnya meliputi:

  • pembengkakan mata atau kelopak mata
  • benjolan di bawah kelopak mata
  • reaksi alergi terhadap larutan kontak
  • deposit pada lensa yang dapat menyebabkan berbagai infeksi mata
  • mata kering
  • konjungtivitis (juga dikenal sebagai mata merah muda)
  • iritasi mata umum

CDC memperingatkan bahwa perawatan yang tepat sangat penting untuk menggunakan lensa kontak dengan aman. Jika Anda lalai dalam membersihkan dan mengubah kebiasaan, Anda bisa berakhir dengan salah satu kondisi ini.

Membuat Risiko Lebih Buruk

Ada beberapa kebiasaan dan pilihan yang bisa membuat pemakaian lensa kontak semakin berisiko. Salah satunya adalah menyentuh lensa kontak tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Ini adalah kesempatan bagi bakteri untuk masuk ke mata Anda. Mengenakan lensa kontak Anda untuk jangka waktu yang lama juga meningkatkan risiko Anda karena lensa mencegah oksigen masuk ke mata lebih lama lagi. Hal ini membuat ulkus kornea lebih mungkin terjadi.

See also  15 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami

Merokok adalah cara lain untuk meningkatkan risiko penyakit mata dengan kontak. Merokok meningkatkan risiko pemakainya mengembangkan ulkus kornea. Berenang juga meningkatkan risiko Anda. Ya, air kolam yang “bersih berkilau” itu bisa menyebabkan banyak masalah pada kontak Anda. Risiko air yang terkontaminasi masuk ke mata Anda sangat kuat dan bakteri dapat menempel pada lensa Anda. Jadi, pastikan Anda mencuci tangan dan mengambil lensa kontak sebelum berenang, atau berhati-hatilah jika Anda benar-benar harus memakainya di kolam renang.

Gejala Masalah Lensa Kontak

Jika Anda memilih untuk memakai lensa kontak, waspadai gejala-gejala ini. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, tubuh Anda memberi tahu Anda bahwa ada sesuatu yang salah. Salah satu gejala pertama yang mungkin Anda perhatikan adalah penglihatan kabur , yang harus segera dilaporkan ke dokter Anda.

Ketidaknyamanan mata secara umum adalah gejala yang dapat dipantau untuk waktu yang singkat sebelum menghubungi dokter Anda. Memakai lensa kontak untuk pertama kali akan terasa aneh dan sedikit tidak nyaman. Tapi, perasaan itu akan hilang dalam beberapa hari. Dikombinasikan dengan gejala lain, ketidaknyamanan bisa menjadi tanda masalah lain. Anda harus mencari robekan yang berlebihan, keluarnya cairan dari mata, atau mata berair. Juga, Anda harus khawatir jika Anda mengalami gatal, terbakar, atau merasa ada pasir atau kotoran di mata Anda. Di antara gejala lain yang harus ditangani adalah nyeri, mata merah, sensitif terhadap cahaya, dan bengkak.

Ketika Anda Memiliki Gejala

Jika Anda sudah memakai lensa kontak dan mengalami salah satu gejala yang tercantum di atas, segera cuci tangan dan lepaskan lensa kontak dari mata Anda. Jangan memasukkannya kembali. Kemudian, Anda harus menghubungi dokter, sebaiknya dokter mata. Tempatkan kembali lensa kontak Anda ke dalam kotak kontak. Ketika Anda pergi ke dokter, pastikan Anda membawa lensa kontak Anda dan larutan kontak apa pun yang Anda gunakan untuk janji temu Anda. Ini dapat membantu dokter menentukan apa yang salah dengan mata Anda.

See also  Tanda-Tanda Sirkulasi Darah Tidak Lancar

Kontak – Bukan Pilihan yang Baik?

Ada beberapa alasan mengapa kontak mungkin bukan pilihan terbaik untuk Anda. Jika Anda menderita radang sendi, kontak mungkin terlalu sulit untuk Anda masukkan atau lepaskan dari mata Anda. Orang yang memiliki mata kering juga bukan kandidat yang baik untuk kontak karena mereka dapat mengering di mata Anda dan memperburuk masalah Anda. Kondisi medis tertentu juga membuat Anda cenderung tidak berhasil dengan lensa kontak. Kondisi ini termasuk hipertiroidisme, diabetes, asma, alergi, dan kondisi pernapasan lainnya.

Alternatif untuk Lensa Kontak

Tentu saja, alternatif pertama yang dipikirkan orang untuk lensa kontak adalah kacamata. Tapi tahukah Anda bahwa Anda sebenarnya dapat memperbaiki kondisi mata Anda (dalam kebanyakan situasi) melalui perawatan mata yang tepat? Ini termasuk diet, olahraga, dan perlindungan.

Makanan yang paling cocok untuk Anda tergantung pada kondisi mata yang Anda derita. Jelas, diet sehat secara keseluruhan adalah pilihan terbaik, jadi lihat daftar  vitamin, mineral, dan herbal penting ini untuk kesehatan mata .

Selain diet, olahraga dapat membantu menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali dan menangkis beberapa penyakit mata. Sama seperti bagian tubuh lainnya, Anda perlu membangun otot-otot mata. Kardio biasa  benar-benar dapat memberikan keajaiban bagi mata.

Terakhir, lindungi mata Anda! Ini berarti Anda harus melindungi mata Anda dari bahaya dengan segala cara yang mungkin. Kenakan kacamata pengaman setiap kali ada risiko cedera mata. Kenakan kacamata hitam UVA/UVB dan topi bertepi lebar untuk menjaga mata Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Lindungi mata Anda dari kelelahan mata dengan beristirahat secara teratur saat bekerja dalam waktu lama di depan komputer. Cobalah untuk tidak menggosok mata Anda karena sering kali bakteri masuk ke mata Anda (dari tangan/jari Anda).

See also  5 Langkah Mengembalikan Stamina Setelah Sakit

Jika penglihatan Anda buruk, lensa kontak dan kacamata bukan satu-satunya pilihan Anda. Ada alternatif alami yang harus Anda coba terlebih dahulu. Mereka mulai dengan memperbaiki pola makan Anda dan melatih mata Anda . Beberapa perubahan mudah dalam hidup Anda dapat membuat perbedaan besar. Anda hanya perlu tahu harus mulai dari mana!

Penutup

Demikianlah artikel Apakah Lensa Kontak berpotensi Memiliki Risiko Kesehatan?, semoga bermanfaat untuk kalian baca dan menambah pengetahuan kalian, salam sehat selalu.

- Advertisement -
Carlahttps://www.infotipssehat.com
Maju Untuk Mensehatkan Indonesa!
- Advertisement -spot_img

Blogrool

Stay Connected

16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Info tips Sehat.Com , Apakah Lensa Kontak berpotensi Memiliki Risiko Kesehatan? - Banyak orang memilih untuk memakai lensa kontak untuk alasan kosmetik sementara yang lain memilih untuk memakainya karena alasan kenyamanan. Apa pun motifnya, lensa kontak memiliki serangkaian risiko kesehatan yang unik. Sebelum Anda memilih untuk...Apakah Lensa Kontak berpotensi Memiliki Risiko Kesehatan?