Thursday, December 1, 2022
spot_img
HomeKesehatan8 Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan yang Tak Boleh Terlewatkan

8 Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan yang Tak Boleh Terlewatkan

- Advertisement -spot_img

Air kelapa sering menjadi pilihan minuman yang menyegarkan untuk dikonsumsi saat sedang panas. Badan akan terasa cepat segar kembali setelah mengonsumsi minuman tropis ini. Tapi sebenarnya selain memuaskan dahaga, terdapat beragam manfaat air kelapa bagi kesehatan Anda.

Bukan hanya bagus untuk menghidrasi tubuh setelah banyak mengeluarkan keringat, air kelapa bahkan bisa bermanfaat bagi kadar gula darah, kesehatan ginjal, dan kesehatan jantung. Mari simak apa saja manfaat air kelapa bagi kesehatan Anda berikut ini.

Manfaat Air Kelapa sebagai Sumber Gizi

Air kelapa merupakan cairan yang ada di tengah kelapa muda yang masih hijau. Cairan ini membantu menyehatkan buah kelapa. Saat kelapa matang, yang memakan waktu sekitar 10-12 bulan, sebagian cairan tetap ada sementara sisanya matang menjadi daging putih padat yang disebut sebagai daging kelapa.

Air kelapa biasanya berasal dari kelapa muda yang berumur sekitar 6-7 bulan, meskipun juga terdapat pada buah kelapa yang matang. Kelapa hijau rata-rata menyediakan sekitar ½ – 1 cangkir air kelapa.

Air kelapa mengandung 94% air dan sangat sedikit lemak. Satu cangkir (240 ml) air kelapa mengandung 60 kalori, disertai: 15 gr karbohidrat, 8 gr gula, 4% AKG magnesium, 2% AKG fosfor, dan 15% AKG kalium.

Manfaat Air Kelapa sebagai Sumber Antioksidan

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi di sel-sel tubuh selama metabolisme. Produksi mereka meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera.

Ketika ada terlalu banyak radikal bebas, tubuh Anda memasuki kondisi stres oksidatif, yang dapat merusak sel-sel Anda dan meningkatkan risiko penyakit.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang dapat membantu memodifikasi radikal bebas sehingga tidak lagi membahayakan.

Dalam suatu penelitian tahun 2012, tikus yang resisten insulin pada diet tinggi fruktosa diobati dengan air kelapa. Aktivitas radikal bebas menurun, begitu pula tekanan darah, trigliserida, dan kadar insulin mereka.

Penelitian lain di tahun 2014 mendapati bahwa hati tikus yang rusak menunjukkan peningkatan stres oksidatif yang signifikan jika diobati dengan air kelapa dibandingkan dengan hati yang tidak menerima pengobatan.

Penelitian lainnya di tahun 2016 menyoroti manfaat air kelapa pada tikus yang diberi diet tinggi lemak. Air kelapa tidak hanya membantu menurunkan penanda kolesterol, tetapi juga “potensi antioksidan”.

See also  Cara mendapatkan pinggang ramping dalam seminggu

Meskipun penelitian-penelitian tersebut hasilnya menarik, penting untuk diingat bahwa tidak ada penelitian yang melibatkan manusia, dan efek antioksidan air kelapa yang telah diselidik sampai saat ini menggunakan hewan dengan dosis dan parameter yang berbeda-beda.

Manfaat Air Kelapa untuk Menurunkan Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa ada manfaat air kelapa muda untuk menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki kondisi kesehatan lainnya pada hewan dengan diabetes.

Dalam suatu penelitian tahun 2015, tikus dengan diabetes yang diobati dengan air kelapa mampu mempertahankan kadar gula darah yang lebih baik. Penelitian yang sama juga mendapati bahwa tikus yang diberi air kelapa memiliki kadar hemoglobin A1c yang lebih rendah, menunjukkan kontrol gula darah jangka panjang yang lebih baik.

Sebuah penelitian yang lebih baru di tahun 2021 yang melibatkan tikus dengan diabetes juga mendapati bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar glukosa darah.

Namun masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat air kelapa muda ini pada manusia.

Tetapi ada manfaat tambahan dari air kelapa bagi gula darah, karena air kelapa adaah sumber magnesium yang baik yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan pra-diabetes.

Akan tetapi penting untuk diingat bagi penderita diabetes dan pra-diabetes, bahwa air kelapa mengandung karbohidrat (yang dipecah menjadi gula di dalam tubuh). Jadi ada baiknya bicarakan dulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum menambahkan air kelapa ke pola makan sehari-hari Anda.

Manfaat Air Kelapa untuk Mencegah Batu Ginjal

Mengonsumsi cukup cairan penting bagi pencegahan batu ginjal. Memang minum air putih saja sudah bagus, tetapi ada bukti penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat air kelapa muda mungkin lebih baik.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa-senyawa lain bergabung membentuk kristal dalam urin Anda. Kristal-kristal ini kemudian dapat membentuk batu-batuk kecil.

Dalam sebuah penelitian tahun 2013 pada tikus penderita batu ginjal, air kelapa dapat mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Juga mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin.

See also  Turunkan Gula Darah Hingga Cegah Kanker

Dalam penelitian tahun 2018 yang melibatkan delapan orang, para peneliti mendapati bahwa air kelapa meningkatkan pengeluaran kalium, klorida, dan sitrat melalui urin pada orang-orang tanpa batu ginjal, yang berarti air kelapa dapat membantu membersihkan sistem urin dan menjaga kemungkinan batu ginjal tetap rendah.

Karena baru ada bukti penelitian dengan hewan dan penelitian pada manusia yang sangat kecil, maka dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat air kelapa dalam mengurangi kemungkinan batu ginjal.

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Jantung

Meminum air kelapa muda dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian lama di tahun 2008, para peneliti memberikan tikus pola makan tinggi lemak dan kolesterol. Mereka juga memberikan suatu kelompok tikus dosis tinggi air kelapa (4 ml per 100 gram berat badan).

Setelah 45 hari, kelompok yang diberikan air kelapa mengalami penurunan kadar kolesterol dan trigliserida yang efeknya serupa dengan obat statin untuk penurun kolesterol.

Namun ingatlah bahwa ini terjadi dalam dosis sangat tinggi. Jika pada manusia, dosis itu setara dengan orang dengan berat badan 68 kg yang mengonsumsi 2,7 liter air kelapa per hari.

Penelitian lain di tahun 2005 menunjukkan bahwa kemungkinan ada manfaat air kelapa muda untuk menurunkan tekanan darah pada orang-orang dengan hipertensi, namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

Salah satu alasan kenapa air kelapa mungkin terkait dengan penurunan tekanan darah adalah karena kandungan kaliumnya yang banyak (500 mg kalium dalam 236 ml). Kalium telah ditunjukkan mampu menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi maupun normal.

Manfaat Air Kelapa Setelah Olahraga

Air kelapa bisa menjadi minuman yang sempurna untuk menghidrasi tubuh dan mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berolahraga.

Elektrolit adalah mineral yang memainkan beberapa peran penting dalam tubuh Anda, termasuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat. Sejumlah elektrolit vital termasuk kalium, magnesium, natrium, dan kalsium.

Karena air kelapa mengandung elektrolit seperti kalium dan magnesium, beberapa penelitian mendapati bahwa air kelapa mungkin lebih bermanfaat daripada air putih untuk menghidrasi kembali setelah berolahraga.

Dan sebuah penelitian kecil pada tahun 2014 di Brasil mendapati bahwa air kelapa meningkatkan kapasitas olahraga lebih baik daripada air atau minuman olahraga selama hari yang sangat panas.

See also  √ 5 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Ibu hamil pada umumnya boleh minum air kelapa, asalkan masih segar atau sudah didingikan dan belum kedaluwarsa.

Elektrolit dalam air kelapa dapat membantu mengisi kembali elekstrolit yang hilang saat ibu hamil mual di pagi hari, dan gizi di dalamnya dapat bermanfaat bagi janin yang sedang berkembang.

Namun jika Anda masih ragu tentang keamanan minum air kelapa selama kehamilan, ada baiknya bertanya dulu dengan dokter atau ahli kesehatan lain yang dapat memberikan panduan khusus.

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Kulit

Minum air kelapa atau bahkan mengoleskannya ke kulit dapat memiliki efek melembapkan kulit. Selain itu, sebuah penelitian tahun 2015 mendapati bahwa mengonsumsi air kelapa membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada tikus.

Jika efek ini juga terdapat pada manusia, maka air kelapa dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efek ini pada manusia.

Dalam sebuah penelitian tahun 2017, para peneliti menunjukkan bahwa air kelapa memiliki efek anti-mikroba, sehingga mengoleskannya ke kulit dapat membantu mengobati jerawat.

Kesimpulan tentang Manfaat Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman alami yang lezat, penuh elekstrolit, yang dapat bermanfaat bagi jantung Anda, mengendalikan gula darah Anda, membantu meningkatkan kesehatan ginjal, serta membuat Anda tetap segar dan terhidrasi setelah berolahraga.

Walaupun masih dibutuhkan penelitian yang lebih terkontrol pada manusia untuk meneguhkan banyak dari manfaat-manfaat tersebut, namun hasil penelitian yang sudah sampai saat ini cukup menjanjikan.

Apabila Anda ingin mulai mengonsumsi minuman tropis ini secara teratur, pastikanlah Anda memilih air kelapa yang benar-benar alami dan murni, tanpa tambahan gula.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang manfaat air kelapa muda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Baca juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Medical News Today. Is coconut water good for you? Benefits and Nutrition. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318394

Healthline. 7 Science-Based Health Benefits of Coconut Water. https://www.healthline.com/nutrition/coconut-water-benefits

 

Source link

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img

Blogrool

Stay Connected

16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here